ANALISIS PELAKSANAAN RESPON TIME RAWAT JALAN RSU BETHESDA SERUKAM TAHUN 2019
ANALISIS PELAKSANAAN RESPON TIME RAWAT JALAN RSU BETHESDA SERUKAM TAHUN 2019
Kata Kunci:
respon time, rawat jalan, rumah sakitAbstrak
Respon time atau ketepatan waktu yang diberikan pada pasien yang datang di intalasi rawat jalan memerlukan standar sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya. penelitian ini dilakukan di RSU Bethesda Serukam. Pengumpulan Data Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar observasi peneliti digunakan untuk mengetahui respon perawat dalam hitungan menit dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui kesesuaian respon time. Lembar observasi berisi data umum meliputi tanggapan waktu pelayanan yang ada di rawat jalan RSU Bethesda serukam. Lembar observasi yang meliputi tentang anggapan respon time. Skala likert adalah skala yang dapat dipergunakan untuk melihat kesesuaian respon perawat dalam melakukan dan memberikan pelayanan di RSU Bethesda Serukam (Pohon, 2006).
Pelayanan yang bermutu merupakan suatu proses pemenuhan kebutuhandan harapan konsumen (Al-assaf, 2009). pemenuhan dan harapan pelayanan kesehatan dirumah sakit harus berkualitas untuk mewujudkan suksesnya konsumen di tentukan oleh layanan kesehatan, bukan oleh pasien itu sendiri. pelayanan yang di terima oleh pasien sebagai konsumen akan di tentukan oleh mutu pelayanan yang di berikan oleh berbagai profesi layanan kesehatan yang terdapat di organisasi layanan kesehatan tersebut (Pohon, 2006).
Mengutip pertanyaan yang sama dari Pasasuraman yang mangatakan bahwa dalam memberikan pelayanan harus bias memberikan kepuasan pasien khususnya pelayanan pasien dirawat jalan dan dapat dinilai dari kemampuan perawat dalam memenuhi kebutuhan dan harapan untuk pasien yang datang di Rumah Sakit (Muninjaya, 2006).
Kata kunci : Pelaksanaan respon time rawat jalan RSU Bethesda Serukam Tahun 2019
Referensi
Anggraini (2011). Kepuasan pelanggan. Diaskes dari: http:// repository.unand.ac.id/18028/.
Dr Moewardi (2008). Berita ilmu keperawatan, ISSN 1997-2697, Vol.1 No.2,juni 2008 Hal.69-74,
Haryatun, N & Surdayanto, A (2008). Perbedaan waktu tanggap tindakan keperawatan pasien cedera kepala kategorl I-V di Inthalau Gawat Darurat RSUD.
Muninjaya A A Gde MPH, dr.(2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta :EGC.
Pohon, IS. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta. 2006
Tjiptono, Fandy. (2008). “Service Manajemen Mewujudkan Pelayanan prima “, Yogyakarta : Andi.
Undang-Undang Republik Indonesia No 36 tahun 2009 Tentang Kesehatan
https://aepnurul hidayat. wordpress.com/2019 /05/20/pengertian-rawat-jalan-2
http://id.scribd.com/doocumeni/362345994/Definisi-Rawat-Jalan https://www.slideshare.net/mobile/LatarissaTomarala/buku-pedoman-rekam-medis. https://id.scribd.com/document/325624961/Laporan-Unit-Farmasi-Respon-Time
https://id.scribd.com/document/366422592/Respon-Time-Dan-Turn-Around-Time http://journal.fkm.ui.ac.id/arsifarticele/ http://respositori.pusu.ac.id/
http://eprints.walisongong.ac.id/7080/3/
http//-www.wikipedia.org/wki'pasien.
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files
Latupono, 2014 : Sari, 2014. Hubungan pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Masohi. JST Kesehatan 2015 : Vol : 5 No 1
http://www.statistikian.com/2012/10/variabel-penelitian.html
File Tambahan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Keperawatan Bethesda Serukam

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.